Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

PEDOMAN SINGKAT BAGI PENULIS
Petunjuk umum Redaksi menerima tulisan/naskah/karya ilmiah dalam bidang teknik sipil yang terbuka untuk umum. Naskah dapat berupa: (a) hasil penelitian, atau (b) kajian pustaka yang ditambah pemikiran penerapannya pada kasus tertentu yang belum dan tidak akan dipublikasikan dalam media cetak yang lain, atau (c) komentar/kritik tentang naskah yang pernah dimuat di jurnal ini. Tulisan harus asli, bukanmerupakanterjemahanatausadurandariartikellain.
PenulisanNaskah Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Naskah berupa rekaman dalam CD (disertai dua eksemplar cetakannya), dengan panjang 10 - 15 halaman A4 ketikan satu setengah spasi. Naskah diketik dengan MS-Word, huruf Arial 10 dalambentuksiapkirim ke pencetak.
Halamanjudul Judul tulisan sesingkat mungkin, tidak memberi peluang penafsiran beraneka ragam. Untuk judul dalam Bahasa Indonesia ditulis seluruhnya dengan huruf capital secara simetris (1 spasi, Arial 11, bold). Judul dalam Bahasa Inggris ditulis dibawahnya dengan hurufkecil dandicetakmiring sertadibolddenganhurufarial10.
Abstrakdankatakunci Abstrak memuat tujuan, metode dan hasil yang diperoleh, hanya pada satu paragraf. Abstrak dicetak miring dengan huruf Arial 10 diketik satu spasidandiletakkanmenjorokkedalam.Katakuncimaksimum5 buah.
Sistematikapenulisan Bagianawal:judul,namapenulisdanabstrak. Bagianutama:Pendahuluan,TinjauanPustaka,MetodePenelitian,HasildanPembahasan,SimpulandanSaran. BagianAkhir: DaftarPustakadanLampiran(kalauada) Semua artikel harus mengacu pada sistematika penulisan di atas. Tidak diperkenankan menggunakan istilah-istilah lain misalnya LandasanTeori,Metodologi,Referensidansebagainya.
NamaPenulis Ditulis dibawahjudultanpagelar,ditulis denganhurufArial10dandibold. Apabilapenulislebihdarisatu orang,semuapenulisdicantumkansecaralengkap.
TeknikPenulisan Untukkata asingdipergunakanhurufmiring. Alineabarudimulaipada1,27cm (1 ketukantab)daribatastepikiri. Antaralineatidakdiberitambahanspasi. Semuabilanganditulis denganangka,kecualipadaawalkalimat. Tabel hanya diberi garishorizontal dibagian atas dan bawah saja. Keterangan tabel dan gambar ditulis dengan ukuran huruf Arial 9 danditengahkan.Untukketerangantabeldiletakkandiatastabelsedangkanketerangangambardiletakkandibagianbawahgambar. Bataspengetikan:atas3 cm, bawah 2 cm kiri 3 cm, kanan 2 cm. Header1,27 cm dan Footer1,27.Nomorhalaman digunakan huruf arial8.UkuranKertasA4 Tabel dan gambar harus diberi judul nomor yang diurutkan dari 1 dst, dan ditempatkan ditengah. Judul tabel ditempatkan pada bagian atas, sementara judul gambar ditempatkan pada bagian bawah. Bila tabel atau gambar merujuk pada suatu sumber, maka sumberharusdituliskan padabagianbawah. Sumber pustaka dituliskan dalam uraian hanya terdiri dari nama penulis dan tahun penerbitan. Nama penulis harus tepat sama dengan nama yang tertulis dalam daftar pustaka. Misalnya; kalau nama penulisnya Gatot Subroto dan diterbitkan tahun 2000, maka ditulis; menurut Subroto (2000), …. dst bila ditempatkan di awal paragraf. Bila ditempatkan pada bagian akhir paragraf maka penulisannya….. ( Subroto,2000). Daftarpustakaditulis dalamurutanabjadnamapenulissecarakronologis. Untukbuku;namapokokdaninisial pengarang,tahunterbit, judul,jilid, edisi, namapenerbit,tempatterbit. Untuk karangan dalam buku; nama pokok dan inisial pengarang, tahun, judul karangan, inisial dan nama editor, judul buku, nomor halamanpermulaandanakhirdarikarangantersebut,namapenerbitdantempatterbit. Untuk karangan dalam majalah/jurnal; nama pokok dan inisial pengarang, tahun, judul karangan, singkatan nama majalah, jilid (nomor),nomorpermulaandanakhirkarangan. Penulisanrumus/formula/modelmatematikdimulaipada1,27cm (1ketukantab)dariatastepikiri, diberinomorurut(1),(2)dst. Lampirandiberinomorurut1,2, dstdanditempatkanlangsungdibawahDaftarPustaka.