ANALISIS MODEL PENAMPUNGAN LIMPASAN HUJAN DENGAN EMBUNG LAHAN PADA DAERAH ALIRAN SUNGAI (DAS) KRITIS TERASERING

Run off Recharge Embung Lahan Model Analysis at Critical Watershed

Authors

I Dewa Gede Jaya Negara , Anid Supriyadi , Salehudin Salehudin , Nurun Ainudin

Published:

2018-09-03

Issue:

Vol. 5 No. 1 (2018): SPEKTRUM SIPIL

Keywords:

Embung Lahan, Peresapan, Terasering, Limpasan

Articles

Downloads

How to Cite

Negara, I. D. G. J., Supriyadi, A., Salehudin, S., & Ainudin, N. (2018). ANALISIS MODEL PENAMPUNGAN LIMPASAN HUJAN DENGAN EMBUNG LAHAN PADA DAERAH ALIRAN SUNGAI (DAS) KRITIS TERASERING: Run off Recharge Embung Lahan Model Analysis at Critical Watershed. Spektrum Sipil, 5(1), 70–79. Retrieved from https://spektrum.unram.ac.id/index.php/Spektrum/article/view/135

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Rusaknya daerah aliran sungai (DAS), sering kali ditunjukkan oleh adanya penurunan sumber air  di sungai, aliran air sungai keruh di musim hujan dan hilangnya sumber-sumber air permukaan. Pemanfaatan DAS hulu untuk pertanian dapat menjadi  penyebab terjadinya kerusakan resapan DAS tersebut. Perbaikan kondisi sumber air di DAS dengan peningkatan resapan air hujan perlu dilakukan pada petak lahan, agar limpasan hujan selesai diresapkan di petak lahan. Untuk itu uji embung lahan sebagai media peresapan limpasan hujan dipetak lahan perlu dilakukan agar limpasan tidak terbuang ke sungai. Penelitian ini bertujuan untuk menguji embung lahan (EL) di petak lahan terasering dan  pengaruhnya terhadap variasi intensitas hujan,  luas lahan dan kemiringan terhadap potensi limpasan yang terjadi. Uji dilakukan dengan media uji lahan terasering  berukuran A1= 150 cm x 100 cm, A2=150 cm x 80 cm, A3=150cm x 60 cm dan A4= 150 cm x 40 cm dengan kadar air 20%, pada  intensitas hujan yang uji I1=  64,38 mm/jam, I2=30,69mm/jam dan I3=12,35 mm/jam. Pengujian dilakukan selama 1-2 jam sampai limpasan dipetak lahan terjadi. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa,limpasan hujan akan semakin besar  terjadi pada intensitas hujan yang semakin besar dan pada  kemiringan terasering yang semakin besar. Pada  intensitas I2 dan I1, limpasan hujan terjadi dan pada intensitas I3, limpasan belum terjadi sigifikan. Selain itu pada luas terasering yang semakin besar, limpasan yang dihasilkan juga semakin besar. Dengan ukuran panjang dan lebar EL yang diperlukan masing-masing  lahan 1/10 dari panjang lahan  dan  1/20 dari lebar lahan. Jumlah EL terpasang dilahan disesuaikan dengan potensi limpasan yang akan ditampung.

Author Biographies

I Dewa Gede Jaya Negara, Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Mataram

Anid Supriyadi, Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Mataram

Salehudin Salehudin, Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Mataram

Nurun Ainudin, Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2018 I Dewa Gede Jaya Negara, Anid Supriyadi, Salehudin Salehudin, Nurun Ainudin

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

You are free to:

  • Share — copy and redistribute the material in any medium or format for any purpose, even commercially.
  • Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.

The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.

Under the following terms:

  • Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
  • No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.

Notices:

You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.

No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.