ANALISIS RADIUS PUTAR MEDIAN JALAN DENGAN BUKAAN UNTUK PUTARAN BALIK ARAH DI KOTA MATARAM

Turning Radius Analysis of Opening Road Median for U-Turn in Mataram City

Authors

Desi Widianty , IDM Alit Karyawan , Mudji Wahyudi

Published:

2017-08-01

Issue:

Vol. 3 No. 1 (2016): SPEKTRUM SIPIL

Keywords:

Median dengan bukaan, Radius putar, U turn

Articles

Downloads

How to Cite

Widianty, D., Karyawan, I. A., & Wahyudi, M. (2017). ANALISIS RADIUS PUTAR MEDIAN JALAN DENGAN BUKAAN UNTUK PUTARAN BALIK ARAH DI KOTA MATARAM: Turning Radius Analysis of Opening Road Median for U-Turn in Mataram City. Spektrum Sipil, 3(1), 37–48. Retrieved from https://spektrum.unram.ac.id/index.php/Spektrum/article/view/19

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Salah satu fasilitas kelengkapan jalan yang menjadi sumber kemacetan adalah median jalan dengan bukaan untuk balik arah (U turn). Penyebabnya adalah akibat tidak cukupnya jangkauan radius putar bagi kendaraan yang melakukan balik arah atau U turn di median dengan bukaan. Kondisi ini sering dijumpai di ruas-ruas jalan di kota Mataram. Evaluasi terhadap besarnya radius putar di median jalan dengan bukaan sangat perlu dilakukan agar diketahui apakah fasilitas tersebut memenuhi persyaratan atau tidak, sehingga dapat dilakukan perbaikan untuk mengatasi kemacetan.

Metode yang dilakukan untuk menganalisis dan mengevaluasi kondisi geometrik jalan menggunakan median dengan bukaan berdasarkan radius putar adalah menentukan besarnya nilai radius putar yang ada di lapangan. Kendaraan rencana yang digunakan berupa kendaraan penumpang dan kendaraan city transit bus. Sedangkan posisi awal kendaraan yang akan balik arah digunakan asumsi 2 posisi, yaitu posisi 1 dimana kendaraan berada di tengan lajur dalam dan posisi 2 berada di sisi terluar lajur dalam. Kemudian nilai radius putar di lapangan dibandingkan dengan persyaratan yang ada yaitu 730 meter untuk kendaraan mobil penumpang dan 1280 untuk kendaraan city transit bus.

Hasil analisis dan pembahasan didapatkan nilai radius putar eksisting dengan kendaraan rencana mobil penumpang untuk lokasi Jl. Udayana, Jl. Majapahit I dan Jl. Majapahit II  dengan posisi 1 masing-masing sebesar 684 cm, 712 cm dan 691 cm. Dan dengan  posisi 2 masing-masing sebesar 702 cm, 740 cm dan 728 cm. Sedangkan menggunakan kendaraan rencana city transit bus  untuk lokasi Jl. Udayana, Jl. Majapahit I dan Jl. Majapahit II  dengan posisi 1 masing-masing sebesar 1111 cm, 1129 cm dan 1116 cm. Dan dengan  posisi 2 masing-masing sebesar 1118 cm, 1142 cm dan 1134 cm. Dari 3 lokasi pengamatan, nilai Radius putar yang tersedia di lapangan baik menggunakan mobil penumpang maupun city transit bus tidak memenuhi syarat minimum radius putar kecuali di Jl. Majapahit I pada posisi 2. Kebutuhan waktu putar untuk balik arah adalah 7,3 detik untuk Jl. Udayana, 7,07 detik untuk Jl. Majapahit I dan 10,05 detik untuk Jl Majapahit II. Besarnya tundaan yang dialami kendaraan lain akibat 1 kendaraan yang berputar balik arah adalah sama dengan waktu putar kendaraan yang berputar balik arah. Untuk menambah nilai radius putar dilakukan pelebaran setempat disepanjang lokasi bukaan median. Besarnya pelebaran jalan untuk Jl. Udayana sebesar 70 – 115 cm, Jl. Majapahit I dilakukan pelebaran sebesar 45 cm dan untuk Jl. Majapahit II pelebaran dilakukan dengan membuka trotoar di sepanjang bukaan median.

License

Copyright (c) 2017 Desi Widianty, IDM Alit Karyawan, Mudji Wahyudi

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

You are free to:

  • Share — copy and redistribute the material in any medium or format for any purpose, even commercially.
  • Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.

The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.

Under the following terms:

  • Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
  • No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.

Notices:

You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.

No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>