EVALUASI KINERJA ANGKUTAN BUS TRANS JOGJA TRAYEK 11

Performance Evaluation of Trans Jogja Line 11 Bus Transportation

Authors

Isnaeni Adi Saputri , Ani Tjitra Handayani , Herna Puji Astutik

DOI:

10.29303/spektrum.v11i1.332

Published:

2024-03-21

Issue:

Vol. 11 No. 1 (2024): SPEKTRUM SIPIL

Keywords:

Trans Jogja, Faktor muat, Waktu antara, Kecepatan, Waktu sirkulasi

Articles

Downloads

How to Cite

Saputri, I. A., Tjitra Handayani, A., & Puji Astutik, H. (2024). EVALUASI KINERJA ANGKUTAN BUS TRANS JOGJA TRAYEK 11: Performance Evaluation of Trans Jogja Line 11 Bus Transportation. Spektrum Sipil, 11(1), 1–8. https://doi.org/10.29303/spektrum.v11i1.332

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) merupakan suatu daerah yang memiliki kepadatan penduduk yang cukup tinggi. Permasalahan transportasi di Yogyakarta perlu mendapat perhatian yang serius sebagai akibat kebutuhan aktivitas dan mobilitas penduduk yang semakin tinggi. Sarana dan prasarana yang belum mendukung seperti kenyamanan, kemudahan dan ketepatan waktu yang relatif masih rendah membuat angkutan bus Trans Jogja kurang diminati masyarakat. Masyarakat cenderung memilih kendaraan pribadi yang sangat berpotensi menimbulkan kemacetan lalu lintas dan Bus Trans Jogja menjadi opsi terakhir penggunaan moda transportasi.  Dari beberapa permasalahan tersebut, maka perlu dilakukan evaluasi kinerja angkutan umum Bus Trans Jogja Trayek 11 guna meningkatkan kualitas pelayananan dan  minat masyarakat dalam menggunakan angkutan umum Bus Trans Jogja. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Metode survei yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dinamis dan survei statis. Survei dinamis adalah survei di dalam kendaraan dan survei statis adalah survei yang dilakukan dari luar kendaraan.  Berdasarkan hasil penelitian evaluasi kinerja angkutan Bus Trans Jogja Trayek 11 untuk waktu sirkulasi rata-rata didapatkan selama 3 jam. Waktu antara (headway) rata-rata sebesar 55 menit. Faktor muat (load factor) rata-rata 15,87% dan kecepatan rata-rata sebesar 17,57 km/jam. Maka, kinerja Bus Trans Jogja Trayek 11 untuk waktu sirkulasi dan kecepatan sudah terpenuhi sedangkan untuk waktu antara (headway) dan faktor muat (load factor) belum terpenuhi sesuai indicator yang didasarkan pada acuan parameter dari SK.687/AJ.206/DRDJ/2002 dan World Bank.

Author Biographies

Isnaeni Adi Saputri, Institut Teknologi Nasional Yogyakarta

Ani Tjitra Handayani, Institut Teknologi Nasional Yogyakarta

Herna Puji Astutik, Institut Teknologi Nasional Yogyakarta

License

Copyright (c) 2024 Isnaeni Adi Saputri, Ani Tjitra Handayani, Herna Puji Astutik

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

You are free to:

  • Share — copy and redistribute the material in any medium or format for any purpose, even commercially.
  • Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.

The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.

Under the following terms:

  • Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
  • No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.

Notices:

You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.

No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.