PENGARUH PENYULINGAN AIR TANAH TERHADAP KONFIGURASI AQUIFER DI GILI TRAWANGAN

The Effect of Ground Water Destilationto the Aquifer Configuration in Gili Trawangan

Authors

I Wayan Yasa , Budianto Budianto , Lilik Hanifah , Suparjo Suparjo

Published:

2017-07-31

Issue:

Vol. 3 No. 1 (2016): SPEKTRUM SIPIL

Keywords:

Air tanah, Air bersih, Resistivity, Batuan, Aquifer

Articles

Downloads

How to Cite

Yasa, I. W., Budianto, B., Hanifah, L., & Suparjo, S. (2017). PENGARUH PENYULINGAN AIR TANAH TERHADAP KONFIGURASI AQUIFER DI GILI TRAWANGAN: The Effect of Ground Water Destilationto the Aquifer Configuration in Gili Trawangan. Spektrum Sipil, 3(1), 1–14. Retrieved from https://spektrum.unram.ac.id/index.php/Spektrum/article/view/16

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Pertumbuhan pariwisata di Gili Trawangan mengalami perkembangan yang sangat pesat dan merupakan salah satu andalan pariwisata di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Saat ini Gili Trawangan sudah menjadi destinasi pariwisata tidak hanya dikunjungi wisatawan domestik bahkan didominasi oleh wisatawan mancanegara. Perkembangan pariwisata tersebut telah mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Gili Trawangan serta telah dapat menciptakan peluang kerja bagi masyarakat di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pengadaan air bersih untuk kebutuhan pariwisata selama beberapa tahun disuplai dari wilayah Pemenang dengan menggunakan boat/perahu nelayan sehingga harga air bersih menjadi sangat mahal serta ketersediaannya sangat terbatas. Hal demikian yang sering menjadi keluhan dari pengusaha pariwisata. Berdasarkan kendala/ keterbatasan air bersih dalam mendukung pertumbuhan pariwisata di Gili Trawangan maka saat ini telah ada usaha penyulingan air tanah berupa air payau diolah menjadi air tawar.   Air tanah yang digunakan berupa air payau yang diambil dengan membuat sumur pada kedalaman 10 meter dan saat ini  ini hampir 90% masyarakat dan pariwisata kebutuhan air bersihnya disediakan dari perusahaan yang melakukan penyulingan air tanah tersebut. Usaha penyulingan tersebut perlu mendapatkan perhatian selain sudah membantu penyediaan air bersih untuk pengembangan pariwisata tetapi juga perlu dilakukan usaha pemantauan perubahan aquifer dibawah permukaan sehingga tidak terjadi perubahan terutama penurunan elevasi muka tanah di Gili Trawangan.

Metode yang digunakan yaitu dengan melakukan pengukuran resistivity lapisan batuan dengan Geolistrik langsung di lokasi penelitian dibeberapa titik dengan bentangan yang sesuai dengan kondisi dilokasi penelitian. Analisis kondisi batuan dan aquifer bawah permukaan  mengunakan software RES2DIN. Hasil yang diperoleh yaitu  berupa nilai resistivity masing-masing batuan penyusun lapisan bawah permukaan serta  layer-layer lapisan batuan pada beberapa kedalam dengan berbagai kondisi sifat fisik dan kimianya yang menggambarkan kondisi lapisan aquifer/air tanah dibawah permukaan.

Periode pengukuran rentang tahun 2012 dan tahun 2014 kondisi aquifer air tanah pada umumnya tidak menunjukkan perubahan secara signifikan walaupun adanya pengambilan air tanah secara terus menerus. Kedalaman air tanah bebas tidak mengalami penurunan karena pengisian selalu berlangsung dari air laut. Pengisian secara terus menerus  ini disebabkan karena lapisan batuan penyusunnya sangat porus  sehingga mempermudah masuknya air laut ke daratan menggantikan air yang diambil untuk disuling. Air tanah yang diambil dan disuling yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan air bersih  masyarakat dan dunia usaha pariwisata di Gili Trawangan belum mempengaruhi kedalaman aquifer air tanah di wilayah tersebut

License

Copyright (c) 2017 I Wayan Yasa, Budianto Budianto, Lilik Hanifah, Suparjo Suparjo

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

You are free to:

  • Share — copy and redistribute the material in any medium or format for any purpose, even commercially.
  • Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.

The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.

Under the following terms:

  • Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
  • No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.

Notices:

You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.

No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.